Selasa, 13 April 2010

GENSET

GENSET
(Generator Set )
Secara garis besar Genset adalah :
Sebuah alat /mesin yang di rangkai /di design /digabungkan menjadi satu kesatuan.
Yaitu :
1. Mesin penggerak / motor sebagai pengubah energi dari bahan bakar,air,gas,udara dsb menjadi energi gerak.
2. Generator itu sendiri Sebagai pengubah energi gerak menjadi energi listrik. Kedua komponen ini di gabungkan sehingga dapat menghasilkan energi listrik.

Penggunaan genset ini umumnya dikota besar digunakan sebagai sumber tenaga alternatif ( back up ) dari sumber tenaga yang dihasilkan dari PLN sebagai penyedia power listrik di negara kita. ( Jika PLN mengalami gangguan maka genset digunakan sebagai cadangan power / alternatif power PLN).

Di beberapa daerah juga digunakan sebagai andalan power utama. Ada yang membuatnya dengan memanfaatkan aliran air sungai sebagai pengganti mesin untuk menggerakan generator dll.

Namun pada perkembangannya saat ini genset digunakan mobile sebagai power utama untuk usaha dll. Penjual ice cream,juice,pabrik dll yang sering kita temui.
Genset terdiri dari berbagai macam type,merk,kapasitas. Dengan paduan mesin dan generator yang berbagai macam kombinasi pula. Tentu saja kwalitas berbanding lurus dengan harga.

Macam macam mesin sebagai penggerak generator antar lain bermerk : Honda, yamaha,perkins,Deutz, yanmar,mercy dll sedangankan untuk generatornya sendiri antara lain bermerk : Dhaisin, Stamford,dll
Dari packagingnya/kemasan unit tersebut dapat pula di golongkan menjadi 2 macam type yaitu Open type dan silent type.

Bahan bakar untuk mesin juga terdiri dari bermacam type yaitu Solar, bensin, gas dll.
Dari pengoperasiannya genset juga masih dikategorikan dari berbagai macam cara ada yang menggunakan tuas /putar ( manual starting ) ,Electric start ( semi auto ) dan Full Auto

Seiring dengan kemajuan teknologi, system nya pun sudah berkembang agar dapat digunakan semudah2nya bagi pengguna pada saat dibutuhkan. Namun hal ini masih dianggap bernilai agak mahal sehingga hanya beberapa dari mereka yang berkocek lebih menggunakan system ini. Alat yang digunakan sebagai tambahan pada system adalah ATS/AMF. Fungsi dari alat ini secara garis besar sebagai system Full automatisasi pengoperasian genset itu sendiri.
Jadi kita tidak perlu lagi repot untuk On- Off dll karena system akan bekerja dengan sendirinya.( biasanya saat PLN OFf genset akan On dengan sendirinya begitu pula sebaliknya)

Dari keseluruhan macam genset kita dapat menggunakannya sesuai kebutuhan kita sendiri. ada baiknya sebelum membeli genset konsultasikan dahulu hal ini kepada yang lebih mengerti agar anda tidak salah dalam memilih.

Gunakan genset untuk memudahkan keperluan anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar